Informasi Wisata, Hotel dan Villa di Lembang Bandung

Rasakan Sensasi Berlibur di Curug Omas Lembang

by Yuli Permana , at 22.31.00 , has 0 komentar
Ingin menikmati pesona air terjun yang masih asri dan airnya bersih yang menyegarkan , anda bisa mengunjungi air terjun Curug Omas, bisa menjadi alternative wisata alam bagi keluarga anda 

Lokasi 
Terletak di Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. 



Curug Omas ini berada di dalam kawasan wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda. Lokasi ini juga berada di dekat lokasi wisata Maribaya. Air terjun ini cukup tinggi dengan ketinggian sekitar 30 meter dan kedalamannya sekitar 10 meter yang terletak di aliran dari sungai Cikawari. Pada puncak air terjun ini Anda akan menjumpai jembatan yang bisa digunakan untuk melintasi dan melihat seluruh pemandangan yang ada disekitar air terjun dari atas kita juga bisa melihat air terjun dari bagian tertinggi dan tentunya menjadi pengalaman yang menakjubkan serta memacu adrenalin.

Dari atas jembatan di air terjun ini kita bisa melihat bagian sungai terdalam yang merupakan pertemuan dari dua aliran sungai yaitu sungai sungai Cigulun dan sungai Cikawari. Selain air terjun Omas ini di sana juga ada air terjun yang lainya yaitu Curug Cikoleang, Curuh Cikoleang, Curug Cikawari Curug Dago . Ketiga air terjun ini curug ini dikenal dengan sebutan air terjun Maribaya atau Curug Maribaya. Di sana juga terdapat sebuah air terjun lain bernama Curug Lalay yang terletak tidak jauh lokasinya dari Curug Omas. 

Aksesbilitas 
Curug Omas lokasinya sekitar 21 kilometer bila dari pusat kota Bandung menuju ke arah Lembang. Jika dari Lembang lokasi ini berjarak sekitar 7 kilometer. Untuk sampai ke lokasi air terju ini juga terbilang tidak terlalu sulit. Terdapat 4 pintu masuk yang bisa anda pilih untuk masuk ke curug ini, yaitu Pintu masuk I dan pintu masuk II di Pakar Dago. Pintu ini dapat dicapai dari arah terminal Dago. Sementara itu pintu masuk III berada di Kolam Pakar yang ditempuh dari PLTA Bengkok atau bisa juga dari Curug Dago. 

Terakhir pintu masuk IV terletak di Maribaya dan ditempuh dari arah Lembang. Pintu masuk terdekat menuju Curug Omas ini biasanya melalui Pintu IV Taman Hutan Raya yang lokasinya juga tidak jauh dengan lokasi objek wisata air panas Maribaya. Keempat pintu masuk ke air terjun Omas ini dapat dilalui oleh kendaraan jenis apa saja karena kondisi jalan di sana yang sudah beraspal. 

Akan tetapi para pengunjung tidak bisa mendekati Curug Omas secara langsung dikarenakan di sekitar curug ini dikelilingi oleh pagar besi yang membentang untuk melindungi dasar dari curug tersebut.Karena cukup berbahaya untuk mendekat karena dasar air terjun yang penuh bebatuan. Jika ingin melihat lebih dekat pengunjung bisa menuruni tangga batuan yang ada tepat di sebelah kanan jembatan tersebyt. Setelah Anda sampai di akhir tangga,di sebelah kanan Anda akan melihat ada jembatan, dari sini para pengunjung dapat melihat air terjun Omas dengan lebih jelas dan lebih dekat. 

Tiket dan Parkir 
Tiket masuk perorangan ke tempat wisata Air Terjun Omas ini tidak terlalu mahal yakni hanya Rp. 8.000 per orang untuk wisatawan lokal. Sementara bagi wisatawan asing akan dikenakan tiket masuk sebeasr Rp. 35.000 per orang. Tariff parkir kendaraan di kawasan wisata curug ini adalah Rp. 5.000 untuk kendaraan roda dua sedangkan kendaraan roda empat tariff parkirnya adalah Rp. 10.000

Semoga wisata curug omas tersebut bisa memberikan sensasi liburan anda, selamat bersenang - senang!!
Yuli Permana
About
Rasakan Sensasi Berlibur di Curug Omas Lembang - written by Yuli Permana , published at 22.31.00, categorized as info lembang , wisata , Wisata Curug Lembang . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Hotel di Lembang
Theme designed by Damzaky - Powered by Blogger