Informasi Wisata, Hotel dan Villa di Lembang Bandung

Wisata Penuh Makna di Gunung Tangkuban Perahu Lembang

by Yuli Permana , at 21.41.00 , has 0 komentar
Bandung adalah kota yang dijuluki Kota Kembang. Kota ini memiliki kawasan wisata yang sangat terkenal dan menjadi tempat tujuan para wisatawan. Kawasan wisata tersebut sangat dikenal dengan nama Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu Lembang sangat dikenal dengan legendanya. Legenda yang mengisahkan terjadinya Gunung Tangkuban Perahu adalah kisah Sangkuriang.

 
Gunung Tangkuban
Obyek wisata yang terkenal oleh kisah Sangkuriangnya ini merupakan gunung berapi dan salah satu gunung terbesar yang ada di tanah Parahyangan. Gunung Tangkuban Perahu ini terletak di kawasan Cikole, bagian utara kota Lembang, Bandung. Jika ditempuh dari pusat kota Bandung sekitar 20 km. 

Legenda Kisah Sangkuriang 
Legenda yang ada dibalik adanya Gunung Tangkuban Perahu Lembang ini adalah kisah tentang Sangkuriang. Sangkuriang adalah seorang pemuda yang jatuh cinta terhadap sang ibu yang melahirkannya sendiri. Ibu Sangkuriang bernama Dayang Sumbi. Dayang Sumbi adalah seorang wanita yang sangat cantik dan memiliki daya tarik bagi setiap lelaki karena wajahnya yang selalu cantik dan tidak pernah tua. Itulah sebab mengapa Sangkuriang menaruh hati padanya.
 Sangkuriang memiliki keinginan yang amat sangat besar untuk dapat meminang Dayang Sumbi dan tak ada seorang pun yang dapat mencegahnya. Akhirnya, karena Dayang Sumbi tahu jika Sangkuriang adalah darah dagingnya, Ia mengajukan persyaratan yang cukup berat yakni Sangkuriang harus membuat perahu dalam waktu semalam. Namun, perahu tersebut tidak dapat terselesaikan tepat waktu. Karena merasa sangat kesal, Sangkuriang pun menendang perahu setengah jadi miliknya dan terbentuklah gunung Tangkuban Perahu. Itulah sebabnya Gunung ini menyerupai perahu. 

Harga Tiket Masuk (HTM) 
Obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu Lembang ini memiliki Harga Tiket Masuk yang relatif terjangkau jika dibandingkan oleh keindahan alam yang disajikannya. Untuk dapat menikmati wisata alam gunung nan sejuk dan sangat eksotis ini pengunjung hanya harus membeli tiket seharga Rp. 13.000,- untuk setiap orang. Rp. 4.000,- untuk satu mtor Rp. 9.000,- untuk satu mobil dan Rp. 17.500,- untuk satu bus.  

Fasilitas yang Tersedia
Gunung Tangkuban Perahu Lembang memiliki berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjungnya, di antaranya: 
  • Tersedia toko – toko pusat oleh – oleh khas Lembang yang dapat dikunjungi untuk mendapatkan buah tangan bagi para kerabat atau anggota di rumah. 
  • Terdapat berbagai gerai yang menyediakan pernak pernik dan souvenir ala Gunung Tangkuban Perahu yang khas seperti syal, kupluk, topi, boneka, pakaian, kerajinan tangan seperti gantungan kunci, serta pemanfaatan belerang yang diolah menjadi obat yang berkhasiat untuk berbagai penyakit seperti reumatik dan diabetes atau kencing manis. 
  • Terdapat persewaan kuda yang dapat pengunjung naiki untuk berkeliling kawasan Gunung Tangkuban Perahu Lembang jika kelelahan untuk berjalan. Kuda yang tersedia aman karena dalam menungganginya didampingi oleh para pawang kuda atau perawat kuda profesional.
  • Tersedia berbagai hotel dan penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung apabila ingin bermalam di kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu atau hanya untuk beristirahat saja. 
Akses Jalan
Gunung Tangkuban Perahu berjarak 30 km dari pusat kota Bandung. Untuk sampai ke kawasan wisata ini, jalur yang dilewati adalah Jalur Bandung – Ledeng – Lembang untuk kendaraan roda empat. Sedangkan untuk kendaraan roda dua dapat melalui jalur alternatif Banung – Lembang. Jika melalui jalur ini akan lebih dekat yakni melewati Dago dan Pagerwangi.

Jarak dua kawasan ini sekitar 5 km dan nanti akan melewati Pasar Lembang. Jalan yang dilalui untuk sampai ke obyek wisata Gunung ini sudah baik dan sudah beraspal mulus. Namun, karena yang namanya gunung, maka rute jalannya berkelok dan terdapat beberapa tikungan tajam dan curam yang akan dilalui sehingga butuh kehati – hatian yang ekstra dalam memacu kendaraan. Gerbang utama untuk dapat masuk ke obyek wisata ini jika ditempuh dari Lembang hanya memerlukan jarak 15 km ke arah kota Subang maka sampailah ke pintu masuk obyek wisata.  

Obyek Wisata
 Gunung Tangkuban Perahu Lembang memang merupakan gunung aktif. Gunung Tangkuban Perahu memiliki 2.084 meter di atas permukaan laut. Suhu udara pada kawasan gunung ini mencapai 17derajat Celcius pada pagi dan siang hari serta menurun 2 derajat pada malam harinya. Karena udaranya sangat dingin, maka para pengunjung obyek wisata ini disarankan memakai penghangat badan seperti jaket atau syal.

 Jika berkunjung di kawasan gunung ini pengunjung juga disarankan untuk memakai masker agar terhindar dari bau gas belerang yang cukup tajam yang dihasilkan gunung ini. Yang membedakan gunung ini dengan gunung lainnya adalah puncak dari gunung inimemiliki bentuk yang cenderung memanjang dan mirip dengan sebuah perahu yang terbalikseperti legenda yang dikisahkan. Selain keindahan alam kawah yang disajikan oleh Gunung ini, gnung ini juga menyuguhkan keindahan alam di lerengnya. Lereng gunung ini memiliki hamparan hijau perkebunan teh yang tumbuh subur semakin mempercantik pemandangan gunung ini.

Gunung ini juga memiliki keindahan lain yakni memiliki 3 kawah yang mendampinginya. Kawah tersebut antara lain:

Kawah Ratu 
Kawah ini adalah kawah yang paling besar di antara dua kawah lain gunung ini. Kawah Ratu memiliki keindahan dan keunikan tersendiri karena bentuknya menyerupai mangkuk raksasa nan indah. Untuk mencapai lokasi ini rute yang dilewati tidak sulit dan bisa diakses oleh berbagai kendaraan bermotor.
Kawah Upas 
Kawah Upas memiliki lokasi bersebelahan dengan Kawah Ratu di kawasan Gunung Tangkuban Perahu. Untuk sampai ke lokasi kawah ini, pengunjung harus melewati medan yang cukup berbahaya. Medan tersebut berbahaya karena harus melewati jalanan berpasir sehingga jalan menjadi licin. Kawah Upas ini berbentuk mendatar dan cukup dangkal.
Kawah Domas 
Kawah Domas terletak di bawah kawah Ratu. Pintu masuk kawah Domas ini akan terletak tidak jauh dari pintu masuk kawah Ratu. Para pengunjung dapat menikmati keindahan kawah Domas dari jauh maupun dari dekat karena bagi para pengunjung akan tetap aman untuk mendekat ke kawah ini. jika sedang berada di dekat kawah, pengunjung dapat merebus telur di sumber air panas kawah. Pengunjung diharuskan menggunakan jasa pemandu wisata jika masuk ke kawasan kawah Domas lebih dari pukul 16.00 untuk keamanan. 

Semoga artikel gunung tangkuban perahu diatas dapat memberikan informasi seputar gunung tangkuban perahu dan mempermudah anda mencari tenpat untuk berlibur, selamat mencoba dan selamat bersenang-senang ..
Yuli Permana
About
Wisata Penuh Makna di Gunung Tangkuban Perahu Lembang - written by Yuli Permana , published at 21.41.00, categorized as Hotel Dekat Gunung Tangkuban Perahu , info lembang , wisata . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Hotel di Lembang
Theme designed by Damzaky - Powered by Blogger