Informasi Wisata, Hotel dan Villa di Lembang Bandung

Kunjungi Wisata Kuliner Lembang dengan Harga Murah dan Kualitas Memuaskan

by Yuli Permana , at 05.46.00 , has 0 komentar
Jika anda berkunjung ke Lembang, anda tidak perlu khawatir akan kondisi perut anda. Di sini anda akan menemukan banyak sekali jenis wisata kuliner  yang unik dan enak. Berikut ini adalah beberapa makanan unik dan enak yang bisa anda jumpai di beberapa tempat yang ada di Lembang Bandung.

 

Colenak 
 Colenak merupakan makanan has sunda dan berasal dari singkatan “dicocol enak”. Colenak ini terbuat dari peuyeum atau yang popular disebut tape singkong. Cara pembuatannya tape singkong ini di bakar kemudian setelah matang disantap dengan cara dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Kudapan ini dikenalkan oleh Aki Murdi pada tahun 1930. 

Ketan Bakar
 Ketan bakar adalah ketan yang di bakar Sesuai dengan namanya, bahan – bahan yang di gunakan untuk pembuatan ketan bakar ini adalah beras ketan yang di bentuk persegi empat, kemudian setelah membentuk persegi empat, ketan bakar ini di bakar hingga beberapa menit sampai matang yakni setelah berwarna kecoklatan. Akan lebih nikmat jika menyantap ketan bakar ini selagi hangat dengan guyuran sambal kacang diatasnya. Penganan yang satu ini banyak di jumpai hampir disetiap pinggir jalan raya yang ada di Lembang Bandung.

Combro dan Misro
Combro dan misro merupakan makanan paporit orang sunda, bahasanyapun menggunakan bahasa sunda yakni singkatan dari oncom di jero. Comro atau Combro dibuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan oncom yang kemudian digoreng. Bentuknya bulat agak pipih dan rasanya gurih pedas dan mantap. Selain combro, dikenal juga misro atau amis di jero. Misro ini mirpi dengan comro Cuma beda dikit, hanya didalamnya diisi dengan gula merah. Wah tentunya makanan ini sangat mantap sekli. 

Awug Lembang 
Awug merupakan makanan kuliner khas bumi parahyangan, awug ini yang terbuat dari tepung beras dan kelapa kemudian dikukus dengan gula merah. Awug ini hamper mirip dengan kue putu sih tapi tentunya ada perbedaan khususnya pada bentuk dan rasanya loo. Awug ini biasanya dikukus dalam wadah yang berbentuk kerucut (mirip nasi tumpeng). Rasanya manis legit dan lebih enak bila disantap saat masih hangat. 

Serabi Lembang 
Serabi atau surabi adalah penganan yang dibuat dari tepung beras. Di Lembang anda dapat menemukan surabi dengan beraneka rasa, mulai dari rasa coklat, keju, pisang keju, yoghurt, ayam sosis, hingga rasa oncom pun ada.
Cireng dan Cilok
Cireng adalah singkatan dari aci digoreng, sedangkan cilok adalah aci dicolok. Sesuai dengan namanya, cireng terbuat dari tepung aci/tapioka yang diberi bumbu lalu digoreng. Dengan berkembangnya zaman, pengolahan cireng menjadi semakin inovatif. Kini ada cireng dengan berbagai isi, mulai dari keju, daging ayam, sosis, dan aneka rasa lainnya. Ada juga rujak cireng yaitu cireng dicocol dengan bumbu kecap cengek. Sedangkan cilok atau aci dicolok diolah dengan cara tepung aci yang telah dibumbui lalu dibentuk bulat dan direbus. Cilok ini ditusuk-tusuk sehingga mirip sate lalu dimakan dengan bumbu kacang atau saus sambal. 

Kue Balok
Kue balok adalah kue yang tampilannya mirip dengan kue pukis, rasanya enak dan mengenyangkan. Biasanya masyarakat menyebutnya dengan sebutan kue Jibeuh (hiji oge sebeuh) artinya memakan kue ini satu saja sudah bisa kenyang perut kita. Jadi jangan pernah anda lewatkan nih kue yang satu ini. 

Gemblong Lembang 
 Jajanan tradisional yang satu ini terbuat dari tepung beras ketan yang diuleni hingga kalis lalu dibentuk bulat atau lonjong. Adonan gemblong yang sudah dibentuk bulat atau lonjong ini kemudian digoreng dan setelah dingin dilapisi dengan gula aren. Teksturnya memang agak keras tapi rasa manisnya cukup legit.

Ali Agrem 
Bentuknya memang mirip dengan donat, hanya saja ukurannya lebih kecil. Ali agrem merupakan santapan tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari adonan tepung beras, kelapa sangrai, dan gula merah yang digoreng. Dinamakan ali agrem karena bentuknya seperti ali atau cincin yang melingkar. 

Tahu Susu 
  Tahu merupakan penganan tradisional khas Indonesia yang berbahan dasar kedelai. Tapi apakah anda penah mencoba tahu yang satu ini ? Yaitu tahu susu. Tahu yang satu ini diolah dengan mencampurkan kacang kedelai dan mentega hingga menghasilkan susu yang mempunyai tekstur yang halus dan juga lembut, serta memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Maka tak heran, jika tahu susu lembang banyak dicari oleh para pelancong dari berbagai daerah. 

Putri Noong 
Noong dalam bahasa sunda artinya mengintip. Kue putri noong ini dibuat dari bahan dasar singkong dan pisang. Adonan singkong diparut dan diberi pewarna lalu bagian tengahnya diberi buah pisang. Adonan lalu dikukus dan setalah matang disajikan dengan kelapa parut.

Susu Murni 
Jika anda berniat ingin mencoba bagaimana rasanya meminum susu yang masih asli dari sapi atau murni belum diolah dalam bentuk apapun, cobalah susu murni yang ada di KPSBU Lembang. Di KPSBU lembang juga tidak hanya menyediakan susu murni, tetapi juga berbagai olahan susu lainya seperti youghurt.
Bandrek
Minuman tradisional khas jawa barat ini berbahan dasar jahe dan gula merah. Tapi pada daerah-daerah tertentu minuman ini dicampur dengan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan.. Minuman ini sangat cocok diminum ketika malam hari atau ketika hujan turun, karena minuman ini dapat menghangatkan tubuh. Selain berfungsi untuk menghangatkan tubuh, bandrek juga dipercaya mampu mengobati sakit tenggorokan dan berbagai penyakit lain seperti masuk angin. 
Yuli Permana
About
Kunjungi Wisata Kuliner Lembang dengan Harga Murah dan Kualitas Memuaskan - written by Yuli Permana , published at 05.46.00, categorized as info lembang , wisata , Wisata Kuliner Lembang . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Hotel di Lembang
Theme designed by Damzaky - Powered by Blogger